Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau suatu
benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer
bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface,
properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan
pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D.
A.
GRAFIK KOMPUTER 2D
Grafik komputer 2D adalah
sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang banyak mengambil
objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model
geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster
graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Model yang menggunakan 2D
tidak mendukung fenomena 3 dimensi. akan tetapi dapat membuat layer yang
ditumpuk dalam urutan tertentu berdasarkan kedalaman/jarak tertentu. Mereka
juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire,
chess, atau mahjong
B. Grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D
merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga
dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan
membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D
dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk
dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata
letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek
tersebut.
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbetween dengan
jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup
(bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun
dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan
menjadi bergerak.Untuk membuat ilusi gerakan tersebut, sebuah gambar pada layar
komputer dengan sangat cepat digantikan oleh gambar lainnya yang mirip dengan
gambar sebelumnya, tapi dengan sedikit perubahan
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui
penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi.
Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik
komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer itu
sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk
menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer
dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan
pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui
televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit
bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen
komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut,
pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya,
animasi dihasilkan.
Sumber :
NAMA :
Said Umar
NPM :
58413196
KELAS :
3IA22
MATA KULIAH :
Desain Permodelan Grafik
NAMA DOSEN :
Syefani Rahma Deski
Tidak ada komentar:
Posting Komentar