Pengertian web
Web adalah sebutan bagi sekelompok
halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain
(domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri
dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah
situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar"(root), yang
disebut homepage dan biasanya disimpan
dalam server yang sama.
Web memiliki kemampuan link yang sangat bagus. Keistimewaan inilah yang
telah menjadikan Web sebagai service yang paling cepat pertumbuhannya. Web
mengizinkan pemberian highlight pada
kata atau gambar dalam sebuah dokumen untuk dihubungkan ke media lain seperti
dokumen, frase, movie clip, atau file suara. Dengan sebuah browser yang memiliki Graphical User Interface (GUI),
link-link dapat dihubungkan ke tujuannya dengan menunjuk link tersebut dengan mouse dan menekannya.
Dokumen yang menjadi unsur utama di
dalam web dapat dinyatakan dalam
beberapa tipe. Tipe yang paling populer adalah dokumen hypertext yang disusun menurut bahasa khusus, seperti
Hypertext Markup Language (HTML) sedangkan untuk interaktif web atau dynamic
page terdapat banyak pilihan, salah
satunya adalah PHP Hypertext Preprocessor (PHP).
Pada prinsipnya web bekerja dengan
cara menampilkan file PHP yang berasal dari server web pada program client, yaitu browser web.
Program browser pada client mengirim
permintaan kepada server web, yang kemudian dikirimkan oleh server dalam bentuk
Format HTML. File PHP berisi instruksi-instruksi yang diperlukan untuk
membentuk dynamic page. Perintah-perintah PHP ini kemudian diterjemahkan oleh
browser sehingga isi informasinya dapat
ditampilkan secara visual kepada pengguna di layar komputer. Pada
penggunaannya, mekanisme web juga dapat diakses melalui Local Area Network
(LAN) sehingga tidak perlu terhubung dengan internet.
2.1 Aplikasi web dibangun oleh 2 jenis
scripting yaitu sebagai berikut:
2.1.1. Server Side Scripting
Pemrograman dari sisi server
adalah membuat kode-kode program
yang hanya dieksekusi di server menjadi bentuk tag-tag HTML untuk dikirim ke
klien. Tag-tag inilah yang akan diterjemahkan oleh browser klien menjadi
halaman web. Kode-kode program ini tidak akan kelihatan di klien.Contoh bahasa
pemrograman dari sisi server yaitu seperti PHP, ASP, JSP dan lainnya.Bahasa
pemrograman ini digunakan untuk membuat suatu halaman web menjadi dinamis.
2.1.2. Client Side Scripting Pemrograman web dari
sisi klien
Sama seperti client side, skript server
side juga merupakan script yang kita tambahkan pada halaman web kita. Perbedaan
utama adalah pada proses eksekusinya. Jika client side script itu dieksekusi di
sisi klien, maka server side script dieksekusi di sisi server. Proses eksekusi
yang dilakukan di server akan memberikan hasil dalam format HTML. Hasil
tersebut yang akan dikirim ke browser client.
3.
Perkembangan web
3.1 Awal mula perkembangan internet
( WEB 1.0 ) 1990 – 2000 :
Adalah generasi pertama dari
website di internet. Pada tipe ini pengunjung hanya bisa mencari (searching)
dan melihat-lihat (browsing) data informasi yang ada di web. Jadi web tipe ini
terlihat seperti papan pengumuman di dunia maya.Dalam hal ini pengunjung tidak
ada proses input data ke website.
World wide web pertama kali
menemukan bentuknya di November 1990-1993, jaringan internet berkembang
demikian pesatnya. Layanan yang internet kala itu masih berkisar diantara
static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink. Umumnya website
berformat “brosur online” – website yang menyampaikan informasi satu arah
umumnya berbentuk profile, portal berita, toko online, layanan email, dll.
Tahun 1998, Google berdiri dan
internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website
dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik
besar-besaran oleh investor.
3.2 Perkembangan web priode kedua
(WEB 2.0) 2001 – 2010 :
Era pengembangan web kedua (Web
2.0) di mana pengunjung mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh
sistem yang ada pada web. Web 2.0 sendiri merupakan sebuah istilah yang pertama
kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media, dan dipopulerkan pada
konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004.
Web 2.0 memiliki beberapa ciri
mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang,
penggunaan web untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang
penting.
Di tahun 2001, wikipedia di luncurkan. Apple
mendirikan iTunes dan di tahun 2002, friendster di luncurkan. Perlahan, world
wide web mulai di huni oleh website – website dengan karakteristik yang berbeda
dengan website – website yang eksis sebelum dotcom bubble burst.
pada era web 1.0 (era sebelum web
2.0, dari 1990 hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet,
namun pengadaan konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang
menguasai bahasa HTML untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun
hanya satu arah: dari pemilik website ke pengunjungnya. Namun Pada era web 2.0,
pengadaan konten di internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Sehingga semua bisa
menggunakan Website untuk sharing foto seperti flickr, blog service seperti
wordpress.com, blogger.com, video sharing (YouTube, dll).
3.3 Perkembangan web priode ketiga
(WEB 3.0) 2005 – Sekarang :
Teknologi web generasi ketiga ini
merupakan perkembangan lebih maju dari Web 2.0 dimana disini web seolah-olah
sudah seperti kehidupan di alam nyata. Web 3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti
suggest, happen dan provide. Jadi, disini web seolah-olah sudah seperti asisten
pribadi kita. Dengan menggunakan teknologi 3D animasi, kita bisa membuat profil
avatar yang sesuai dengan karakter, kemudian melakukan aktivitas di dunia maya
seperti layaknya di dunia nyata.
Konsep Web 3.0 pertama kali
diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web,
menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana
bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan
memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang
ini.
Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep
dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web
untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu
dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan
yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.
4.
Teknologi web
Web berdasarkan teknologinya
terbagi menjadi dua, yaitu Web Statis dan Web Dinamis. Persamaan web statis dan
web dinamis yaitu sama-sama keduanya merupakan suatu website yang menampilkan
halaman yang ditampilkan di internet yang memuat informasi tertentu (khusus).
4.1. Pengertian
4.1.1. web statis
Web statis adalah website yang mana
pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung
menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah
seputar pemrosesan link saja. Halaman-halaman web tersebut tidak memliki
database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah
kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama
isinya dengan apa yang ada di web server. Contoh dari web statis adalah web
yang berisi profil perusahaan. Di sana hanya ada beberapa halaman saja dan
kontennya hampir tidak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam
file HTML saja.
4.1.2. Web Dinamis
merupakan interaksi yang terjadi
antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari
halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request (permintaan) dari pengguna
dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dalam isi yang
berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman web tersebut memiliki
database. Web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung
input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai di client akan berbeda
dengan dokumen yang ada di web server. Contoh dari web dinamis adalah portal
berita dan jejaring sosial. Lihat saja web tersebut, isinya sering diperbaharui
(di-update) oleh pemilik atau penggunanya. Bahkan untuk jejaring sosial sangat
sering di-update setiap harinya.
5. Fungsi dan kegunaan web
5.1.Website sebagai tempat untuk
mendapatkan informasi dan berinteraksi.
Melalui website, Anda bisa
memperoleh informasi yang akurat dan tepat karena di dalam website biasanya
terdapat informasi yang sedang Anda cari dan berbagai hak yang mungkin belum
Anda ketahui sehingga Anda juga mandapatkan informasi yang lebih banyak dengan
adanya website itu.
5.2. Mempermudah komunikasi.
memanfaatkan website untuk
berkomunikasi dengan para para pelanggan dan orang yang ingin mendapatkan
informasi dari pemilik website . Perusahaan ataupun per orangan bisa menjalin
komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang ada pada website.
Komunikasi melalui website akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan tidak
adanya suatu website.
5.3. Menghasilkan uang melalui website.
Dengan semakin banyaknya pengguna
internet saat ini maka penyaluran suatu barang dapat dilakukan melalui
internet. Pengunjung bisa langsung membeli produk yang dijual melalui internet
dengan persetujuan Anda. Selain itu, jika setiap hari website memiliki
pengunjung yang cukup banyak, biasanya ada orang yang menjalankan bisnis online
yang lain ingin supaya usahanya atau bisnisnya juga diketahui dan dikenal
banyak orang dengan beriklan di website Anda.
5.4. Sarana untuk mempermudah dalam menyampaikan
informasi.
Dengan adanya website , pesan dan
informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah, cepat dan up to date. Cukup
dengan menulis dan memosting hal-hal yang Anda inginkan pada website Anda. Jika
orang ingin mengetahui informasi atau pesan dari Anda, maka orang itu cukup
membuka alamat website Anda dan mencarinya pada website Anda.
5.5. Peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih
besar.
Jangkauan internet tidak mengenal
batas wilayah, ruang, dan waktu. Website yang dibuat di kota Malang, bisa dilihat
di Jakarta, Surabaya, Tuban, Solo, Banjarmasin dan dapat diakses di seluruh
dunia (jika ada peralatan yang mendukung dan jaringan internet). Dengan adanya
jangkauan seperti itu, maka potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih
besar, karena informasi bisnis atau produk dari Anda bisa dilihat oleh orang di
kota lain.
5.6. Mempunyai image lebih profesional.
Dengan adanya website , Anda bisa
dianggap atau memiliki image lebih baik, profesional dan bermutu dibandingkan
dengan perusahaan yang tidak memiliki website.
5.7. Menghemat biaya dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dan
pesan yang ingin Anda sampaikan kepada orang lain dapat secara mudah Anda kirim
kepada pelanggan atau orang yang menginginkan melalui email dan website.
Seandainya terdapat pesan berupa tulisan yang sangat banyak, apakah mungkin
pesan berupa tulisan itu Anda sampaikan melalui via SMS. Memang itu mungkin,
tapi memerlukan biaya lebih untuk bisa mengirimkannya.
5.8. Sebagai tempat promosi.
Selain untuk mempermudah komunikasi
maka website dapat digunakan sebagai sarana untuk promosi dari suatu perusahaan
atau per orangan yang menjalankan bisnis online. Selain katalog, brosur maupun
iklan dan media cetak lainnya di toko Anda atau di tempat Anda bekerja, dengan
mempunyai website di internet dapat memperluas jaringan promosi sebuah
perusahaan atau bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Orang yang ingin
mengetahui segala informasi tentang bisnis yang Anda jalankan (tentang suatu
perusahaan) bisa melihat informasi dari website.
6. Jenis-jenis website
Mundur ke belakang beberapa tahun
yang lalu, mengelompokkan jenis-jenis website masih sangat mudah. Kita hanya
mengenal Search Engine, Portal Informasi
(Berita, Artikel, Perusahaan dll), Blog, Online Store (e-Commerce),
Forum, serta Website Perusahaan (Company Profile). Namun seiring berkembangnya
teknologi serta penggunaan media online untuk berbagai kebutuhan, jenis website
pun ikut berkembang dan tidak sedikit website yang mengintegrasikan berbagai
fitur, fungsi dan jenisnya dalam satu kesatuan website
6.1. Search Engine atau Mesin
Pencarian
adalah jenis website yang khusus
mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database
kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords”
yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs
search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet.
Beberapa contoh search engine antara lain :Google Search, Bing, Yahoo Search
dan lain-lain
6.2. Web Portal.
adalah situs yang mengumpulkan dan
menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user,
jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap,
user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak
hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan
informasi-informasi dalam website mereka sendiri. Beberapa contoh web portal
antara lain :Yahoo, msn, msnbc dan lain-lain.
6.3. Wiki.
Website wiki yang paling terkenal
saat ini adalah wikipedia. Website wiki adalah website yang mengijinkan pengunjung
untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan
mengacu pada peraturan-peraturan
tertentu. Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda.
Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di
website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten
yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut.
6.4. Archieve Site
Archieve site atau situs arsip
adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi
elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak
hilang/punah. Contohnya archieve.org.
6.5. Social Networking/Social Media
Social media termasuk salah satu
fenomena yang luar biasa hingga saat ini, khususnya diwakili oleh Facebook.
situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang
disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik
lainnya seperti foto, musik dan video. Beberapa situs social networking yang terkenal
sebelum fenomena Facebook dan Twitter antara lain Multiply, Friendster dan
MySpace. Kemudian bermunculan pula Social Media dengan tema-tema yang lebih
spesifik seperti social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media
entertainment (GetGlue) dan masih banyak lagi.
6.6. Forum
Forum dibuat untuk ajang diskusi
dan tukar informasi. Untuk membangun sebuah forum yang lengkap membutuhkan
waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah tersedia software-software pembuat
forum yang siap pakai, baik yang gratis ataupun berbayar. Software pembuat
forum yang terkenal adalah vBulletin, yang digunakan oleh kaskus dan banyak
forum-forum internet lainnya. Sedangkan beberapa forum gratisan dan open-source
antara lain : yabb, vanilla, SMF, phpbb dan lain-lain. Sedangkan contoh website
forum antara lain Kaskus, Modifikasi, detikForum dan lain-lain
6.7. Portal Berita dan Informasi
Portal berita dan informnasi adalah
situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung.
Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan
lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin
online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis
berita dan target pembacanya. Beberapa contoh situs berita adalah detik,
kompas, cosmopolitan dan lain-lain.
6.8. Social Bookmarking
Social bookmarking adalah situs
yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi
artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user
lainnya. Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan
situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Beberapa situs
social bookmarking yang terkenal adalah Lintas Berita, Digg dan stumbleupon
6.9. Media Sharing
Situs ini khusus disediakan bagi
user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambaer, musik dan video
agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain. Contohnya adalah
Youtube, Flickr, Imageshack dll.
6.10. Cloud
Situs jenis cloud ini adalah
pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas
penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih
sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis
file-file tertentu di komputer atau gadget mereka dengan cloud server tanpa
perlu melakukan upload file manual. Beberapa contoh website cloud antara lain
Dropbox, SkyDrive dan GoogleDrive.
6.11. Company Profile
Company profile biasanya berupa
website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio
sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil
perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar.
Selain profil,produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video,
fitur form kontak termasuk yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat
dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan
produk atau jasa perusahaan tersebut. Namun belakangan ini situs Company
Profile semakin berkembang dengan menambahkan fitur-fitur tertentu seperti
artikel-artikel terkait, bahkan forum diskusi. Tujuannya adalah untuk
memperkenalkan bisnis melalui dunia maya.
6.12. Corporate Website
Berbeda dengan company profile,
Corporate Website biasanya lebih kompleks . Website ini berisi informasi
lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan,
organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun
non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile
perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan
pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan
lain-lain serta artikel-artikel dan berita-berita yang terkait dengan kegiatan
perusahaan/organisasi tersebut. Contoh corporate website antara lain,
Pertamina,General Motors dan lain-lain.
6.13. Brand Building Website
(Branding Website)
Brand Building Website dibuat untuk
memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Yang paling menonjol dari
website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image
yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti
animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya. Belakangan Brand
Building website juga sering diintegrasikan dengan social media seperti
Facebook, Twitter hingga blog. Brand Building website sering dimanfaatkan oleh
produk-produk fast moving consumer goods misalnya groseri, soft drinks, snack
dan lain-lain.
6.14. Online Store
Online store sudah jelas
diperuntukan untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store
adalah katalog produk dengan informasi yang lengkap serta shopping cart, yaitu
fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online
store bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya.
Dengan software-software
open-source, siapa saja dapat membangun online storenya sendiri jika tidak
memiliki budget untuk membayar jasa pembuatan website profesioanl. Yang sangat
disayangkan, banyak jasa pembuatan website yang membangun toko online klien
mereka dengan menggunakan open source seperti oscommerce, joomla dan wordpress.
Jasa-jasa seperti ini relatif lebih murah, namun klien pemilik website baru
akan menyadari belakangan kesulitan-kesulitan mereka dalam mengelola toko
online tersebut karena konfigurasi CMS atau admin area toko online yang
dihasilkan dari software open source sangatlah rumit dan kompleks.
6.15. Katalog/Portfolio Online
Katalog/portfolio online hampir
mirip dengan online store, hanya jenis website ini lebih mengutamakan katalog
atau portfolio dengan informasi lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur
transaksi online. Jika pengunjung tertarik dengan produk-produk atau jasa yang
ditawarkan, diharapkan pengunjung akan langsung menghubungi pemilik website
untuk melakukan pemesanan atau negosiasi.
6.16. Blog
Blog adalah sebuah website yang
berbentuk seperti jurnal atau diari online. Biasa digunakan seorang blogger
untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa berisi tulisan maupun
media gambar, video dan lainnya. Setiap artikel biasanya disertai kolom
komentar dimana pengunjung blog bisa meninggalkan komentar atau berdiskusi
mengenai artikel yang ditulis.
Blog tidak hanya digunakan sebagai
media jurnal atau diari pribadi, namun juga dimanfaatkan sebagai fitur-fitur
tambahan oleh website-website besar untuk menginformasikan update-update
terbaru seputar produk dan kegiatan mereka. Blog juga sangat cocok digunakan
bagi profesional yang ingin menjual jasa berdasarkan keahlian yang mereka
miliki, misalnya fotografer, konsultan, fashion stylist hingga artis.
Menggunakan blog mereka dapat menulis artikel-artikel terkait seputar keahlian
mereka atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan portfolio.
6.17.Portal Komersil
Portal komersil lahir dari konsep
iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa
mereka tanpa perlu membangun website sendiri. Contoh portal komersil adalah
JobsDB, Toko Bagus, Berniaga, Rumah.com dan masih banyak lagi.
7. Teknologi dalam pembuatan web
site
7.1. Pemrograman PHP
Pemrograman ini penting dalam
pengembangan web ( web development). PHP adalah script untuk menghasilkan
kode-kode HTML. Supaya isi halaman web site bisa diubah sesuai keinginan kita,
pemrograman sangat memudahkan kita mengimplementasikan. Lebih dari 70% web site
yang dihasilkan di dunia memakai teknologi ini.
7.2. HTML
HTML adalah bahasa yang dipakai
browser seperti Internet Explorer dan Mozilla untuk menampilkan infornmasi baik
gambar maupun tulisan. ProWeb merancang setiap disain web dan pengembangan bisa
dibaca dan ditampilkan dengan baik oleh Internet Explorer dan Mozilla
7.3. Javascript
Javascript dipakai untuk melakukan
pemrograman selama pengunjung melihat browser. Biasanya dipakai untuk validasi
data yang dimasukkan pengunjung.
7.4. CMS
ProWeb membuat sendiri CMS (Content
Management System). Dengan membuat sendiri CMSnya, maka setiap kebutuhan client
dapat kita penuhi.
7.5. Database MySQL
Database ini data yang paling
tangguh dipakai dalam dunia web. ProWeb memakai database ini untuk menyimpan
data-data halaman website. Database ini vital diperlukan dalam pengembangan CMS
7.6. Search Engine Friendly atau
SEO (Search Engine Optimization)
Website dirancang mudah ditemukan
melalui searc engine Google dengan keyword
tertentu. Hal ini penting untuk
kegiatan marketing
7.7. Company Profile CD
Website bisa disimpan ke dalam CD
untuk kepentingan Company Profile CD, Product Catalog CD atau sebagai
presentation tool bagi team sales.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar