Desain
adalah
kerangka bentuk rancangan seperti mesin pertanian itu dibuat oleh mahasiswa
fakultas teknik
Grafik
adalah lukisan
pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya
hasil, statistik, dan sebagainya)
Grafis adalah bersifat graf; bersifat huruf;
dilambangkan dengan huruf; 2 bersifat matematika, statistika, dan
sebagainya dalam wujud titik-titik, garis-garis, atau bidang-bidang yang secara
visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan secara terbaik tentang
penyajian hasil penghitungan; bersifat grafik
Model
adalah pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan
dibuat atau dihasilkan
1. DEFINISI DESAIN GRAFIS
1. DEFINISI DESAIN GRAFIS
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses
pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun
disiplin ilmu yang digunakan (desain).
1. Kesenian prinsip dalam bidang kesenian sendiri yaitu desain memiiliki
ruang kosong agar tampilan dari seni tersebut tidak terlalu terlihat padat
sehingga dapat memiliki nilai keindahan yang enak untuk di nikmati serat
memiliki kesederhanaan namun tidak mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur dalam
bidang kesenian memiliki warna yang sesuai agar indah di lihat terutama. Unsur
dari bentuk, apabila terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari
kesenian tersebut. Memiliki tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
2.
Arsitektur dalam bidang arsitektur, desain grafis ini memiliki
prinsip Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan
dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat
perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang
arsitektur adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian
ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang
(background).
3. Pemahaman desain Grafis dalam karikatur
3. Pemahaman desain Grafis dalam karikatur
Dalam sebuah krikatur, pemanfaatan
desain grafis sangat di perlukan untuk membuat sebuah desain dari karikatur itu
sendiri. Karena karikatur sangat memerlukan pemahaman tantang garis,
titik-titik serta pewarnaan yang ssuai agar terlihat seperti aslinya.
4. Pemahaman Desain Grafis dalam Kesenian
4. Pemahaman Desain Grafis dalam Kesenian
Kesenian Prinsip dalam
bidang kesenian sendiri yaitu desain memiiliki ruang kosong agar tampilan dari
seni tersebut tidak terlalu terlihat padat sehingga dapat memiliki nilai
keindahan yang enak untuk di nikmati serat memiliki kesederhanaan namun tidak
mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur dalam bidang kesenian memiliki
warna yang sesuai agar indah di lihat terutama. Unsur dari bentuk, apabila
terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari kesenian tersebut. Memiliki
tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
5. Pemahaman Desain Grafis dalam arsitektur
5. Pemahaman Desain Grafis dalam arsitektur
Arsitektur Dalam bidang arsitektur, desain
grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau disebut juga pusat perhatian,
merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu
unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari
bidang arsitektur adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan
bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya
pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure)
dan latarbelakang (background)
6. Pemahaman Desain Grafis dalam sistem
6. Pemahaman Desain Grafis dalam sistem
Dapat berupa tahap setelah analis dari
siklus pengembangan sistem informasi/teknologi, menggambarkan bagaimana system
terbentuk yang dapat berua penggambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa.
Contoh pemodelan grafis pada Kesenian, Karikatur,Sistem Informasi, dan Arsitektur.
Contoh pemodelan grafis pada Kesenian, Karikatur,Sistem Informasi, dan Arsitektur.
Kesenian : pembuatan
animasi 3D menggunakan aplikasi 3D
Karikatur : Pembuatan
karikatur seseorang
Sistem Informasi :
Perancangan suatu gambar 3D
Arsitektur : Pembuatan
desain interior bangunan baik tempat tinggal maupun kantor/umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar